Meriahkan Perayaan Hari Kemerdekaan RI Ke-78 MBS UMMAT Adakan Berbagai Lomba

Event tahunan yaitu peringatan hari proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia menjadi event yang ditunggu oleh setiap warga negara Indonesia. Kemeriahan peringatan ini disambut sangat antusias oleh berbagai masyarakat daerah hingga warga negara Indonesia di luar negeri. Antusiasme ditandai dengan diadakannya berbagai event seperti pawai budaya, pentas seni, lomba baris berbaris, lomba panjat pinang, tarik tambang, balap karung, bawa kelereng, lomba menyanyi, dan masih banyak lagi event menarik lainnya.

Muhammadiyah Boarding School Universitas Muhammadiya Mataram (MBS UMMAT) ikut meriahkan event tahunanan ini. Perayaan peringakatan proklamasi kemerdekaan ke-78 secara serentak diadakan oleh setiap unit di MBS UMMAT yaitu Playgroup dan Daycare Sang Surya, TK Sang Surya, SD Muhammadiyah Mataram dengan mengadakan berbagai lomba.

Unit SD Muhammadiyah Mataram dalam memeriahkan peringatan hari kemerdekaan mengadakan berbagai lomba yaitu lomba antar kelas dan lomba perorangan yang diadakan secara online dan offline. Lomba diadakan dari tanggal 07 agustus sampai dengan 15 agustus 2023. Mata lomba yang dilombakan antar kelas diantaranya lomba menghias kelas, makan kerupuk, lari karung, dan meniup bola pimpong. Sedangkan lomba perorangan di antaranya adalah lomba baca puisi yang diadakan secara online, lomba mewarnai, tahfidz, menyanyikan lagu nasional dan lomba fashion show.

Siswa-siswi SD Muhammadiyah Mataram sangat antusias mengikuti berbagai lomba tersebut. Semua mata lomba memiliki keunikan dan kehebohan tersendiri. Lomba fashion show dan menghias kelas ialah di antara mata lomba yang menghebohkan. Peserta lomba fashion show mengenakan pakaian adat daerah masing-masing. Ada yang memakai pakaian adat palembang, adat sasak, adat betawi, dan adat papua. Melihat para peserta tampil satu per satu, semua siswa dan guru di ruangan mulai heboh disertai riuhnya tepuk tangan dan sorakan semangat. Lomba menghias kelas juga sangat mengundang antusias yang luar biasa baik dari para siswa dan guru-guru wali kelas. Hal tersebut dilihat dari persiapan yang sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari penilaian tanggal 17 Agustus 2023. Selain itu, Siswa-siswi per-kelas selalu membantu bapak/ibu guru wali kelasnya untuk menghias, menempel, menggunting, mewarnai, dan merapikan kelasnya.

Sedangkan Unit Play Group, Day Care, dan TK Sang Surya mengadakan lomba secara bersamaan. Perlombaan belangsung secara meriah dan penuh semangat dari peserta dan guru. Di antara mata lomba yang dilombakan adalah lomba membawa bendara, lomba makan semangka, dan lomba membawa balon. Tawa siswa dan guru pecah ketika melihat peserta mengikuti lomba membawa balon. Peserta lomba berdiri berbaris berjejer dan setiap jarak peserta satu dengan yang lain disambung dengan sebuah balon. Melihat kekompakan mereka untuk menuju garis finish menjadi momen yang tak terlupakan.

Kemeriahan peringatan hari kemerdekaan RI Ke-78 MBS UMMAT ditutup dengan upacara 17 Agustus yang diikuti semua unit di halaman MBS UMMAT. Pelaksanaan upacara berlangsung secara khidmat dan meriah. Peserta upacara dan petugas upacara mengenakan pakaian adat daerah asal masing-masing.  Selain itu, petugas upacaranya adalah bapak/ibu guru dari semua unit MBS UMMAT. Setelah pelaksanaan upacara, masing-masing unit melakukan pembagian hadiah dari mata lomba yang sudah dilombakan.