Kelas 3 SD Muhammadiyah Mataram Belajar di Agrowisata Buah

Kamis, 12 Oktober 2023, kelas 3 SD Muhammadiyah melakukan kunjungan ke agrowisata buah Jl. Jend Sudirman Gg Dewi Anjani, Karang Baru, Kota Mataram. Kunjungan ini merupakan salah satu program outing class dari Sekolah Dasar Muhammadiyah Mataram. Setiap kelas di SD Muhammadiyah Mataram memiliki program outing classnya masing-masing, Kelas 3 salah salah satunya. Kegiatan diikuti oleh seluruh siswa kelas 3 SD Muhammadiyah Mataram dengan didampingi oleh guru kelas yaitu Bu Eka Fitriani, dan dua guru pendamping yaitu Bu Nesti dan Pak Irfan. Siswa dan Guru berangkat menggunakan Bus Kampus Universitas Muhammadiyah Mataram.

Di Agrowisata buah siswa belajar cara menanam tumbuhan, proses merawat, dan belajar bagaimana tahap perkembangan pada tumbuhan-tumbuhan. Selain itu, mereka juga belajar tentang cara mencangkok yang dipandu langsung oleh pengelola agrowisata. Setelah mempraktekkan secara lansung proses menanam dan mencangkok, siswa diajak keliling untuk mengetahui dan mengamati jenis tumbuhan yang ada di agrowisata tersebut.

“Di sana kami melihat banyak tumbuhan, ada pohon mangga harum manis, pepaya, jambu kristal, nangka, kelengkeng, dan banyak pokoknya. Kami juga belajar mencangkok dan menanam”. Ungkap Hilya azzahidi salah satu siswi kelas 3 SD Muhammadiyah.

Bu Eka Fitriani selaku guru kelas 3 SD Muhammadiyah Mataram menjelaskan bahwa kegiatan outing class agrowisata ini merupakan kegiatan puncak tema kelas 3. “Saya harap melalui kegiatan ini anak-anak dapat mengetahui dan memahami proses perawatan dan perkembangan pada tumbuhan secara langsung. Anak-anak juga diharapkan mengetahui cara menanam dan mencangkok tanaman yang baik. Selain itu, outing class ini dapat menumbuhkan rasa kepedulian anak-anak terhadap tumbuhan dan lingkungan sekitar.” Tutupnya.